Desain Dapur Scandinavian untuk Rumah Mewah


Desain Dapur Scandinavian untuk Rumah Mewah

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai Desain Dapur Scandinavian untuk Rumah Mewah. Mungkin diantara Anda ada yang sudah tahu bagaiman cara mendesain dapur dengan konsep Scandinavian. Namun tidak bisa dipungkiri jika masih ada yang belum tahu sama sekali bagaimana cara mendesain dapur dengan konsep Scandinavian. Bagi Anda yang masih bingung mengenai cara mendesain atau bahkan merombak dapur Anda sehingga dapat memunculkan konsep Scandinavian, Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini untuk memahami lebih lanjut.

Konsep dasar dapur rumah mewah Scandinavian adalah desain eklektik dan bergaya minimalis keren dengan elemen kehangatan yang kuat. Palet warna yang didominasi warna putih adalah elemen kunci untuk mencapai tampilan Scandinavian di dapur rumah mewah Anda. Tetapi, bagaimana jika Anda ingin menerapkan tampilan ini ke dapur, ruang kerja yang paling rumit di rumah Anda? Menggunakan warna putih dengan cara yang tepat menyulap ruangan Anda menjadi dapur cantik mewah yang lebih cerah, lebih terang dan lebih canggih.

Bahkan, jika Anda menyukai dapur klasik, tradisional, eklektik, retro, mid-century, hingga modern, Anda tidak salah pilih dengan memadukan desain dari Eropa Utara ini. Ini berarti dapur Anda harus menjadi ruang fungsional, nyaman dan menyenangkan.

Bagi Anda yang ingin merombak atau hanya menambahkan sedikit sentuhan Scandinavian pada dapur rumah mewah Anda, berikut adalah beberapa prinsip yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Gunakan tema yang sama

Di rumah mewah bergaya Scandinavian, semua ruang tentu memiliki tema keseluruhan yang sama. Karena itu, dapur juga tentu memiliki tema yang sama seperti ruang lainnya. Demikian pula dengan pemilihan warna, material, dekorasi dan aspek desain lain yang telah digunakan di semua ruangan lainnya juga akan digunakan di dapur Anda.

Jika Anda melihat kombinasi warna konvensional dari dapur rumah mewah Inset House karya Delution Architect ini, Anda akan tahu warna putih digunakan sebagai cat dasarnya. Warna lain yang digunakan untuk memberi kontras yang bagus adalah hitam dan coklat dari lantai kayu.

Dapur mewah cantik Scandinavian Inset House karya Delution Architect

Dapur mewah cantik Scandinavian Inset House karya Delution Architect

Anda menyukai gaya rumah mid-century namun ingin menambahkan sedikit sentuhan gaya Scandinavian? Keseragaman tema juga terlihat pada dapur mewah klasik di rumah Taman Cilandak karya Adria Yurike Architects.

Dapur rumah mewah Scandinavian mid-century Taman Cilandak House karya Adria Yurike Architects

Anda juga bisa mempertahankan dapur mewah klasik dengan menambahkan sentuhan gaya Scandinavian seperti gambar berikut.

Dapur mewah klasik Scandinavian Penthouse Residence In Jakarta karya Emilia Oei

Anda mungkin menginginkan gaya dapur mewah industrial Scandinavian dengan finishing lantai beton, rak bangku kayu ringan dan lampu ide putih dan hitam seperti Revahouse karya Revano Satria berikut.

Desain dapur rumah mewah industrial Scandinavian Revahouse karya Revano Satria

Desain dapur rumah mewah industrial Scandinavian Revahouse karya Revano Satria

2. Patuhi aturan putih

Jika Anda ingin mendesain dapur cantik mewah bergaya Skandinavia, aturan yang harus Anda patuhi adalah pilihlah warna putih untuk dinding dan semua furnitur serta dekorasinya. Gunakan skema warna yang lebih terang yang akan memaksimalkan lebih banyak cahaya yang masuk ke dapur dan dipantulkan dinding, memberikan ilusi ruang dapur yang lebih lapang.

Dapur mewah cantik Scandinavian

Dapur rumah mewah Scandinavian umumnya memanfaatkan warna putih, hitam dan abu-abu, namun biru muda juga dapat digunakan untuk mencapai tampilan ini. Ingatlah aturan ini: warna cerah untuk aksen, back splash menyesuaikan warna kabinet, sedangkan ubin memiliki desain yang sangat sederhana.

Dapur cantik mewah Scandinavian House karya ruang komunal

Dapur cantik mewah Scandinavian House karya ruang komunal

Seperti halnya rumah mungil Scandinavian karya Ruang Komunal ini, menggunakan warna dominan putih, lantai abu-abu, warna hitam pada salah satu sudut dinding chalkboard, aksen lampu, dan peninsula berikut kursinya, serta sedikit sentuhan warna pada elemen dekoratif.

3. Bebaskan cahaya alami

Desain dapur mewah Scandinavian memanfaatkan sinar matahari sebanyak mungkin. Jendela tidak terhalang oleh tirai, blind atau tabir yang rumit untuk membiarkan cahaya alami sebanyak mungkin. Selain itu, ruang yang paling dekat dengan jendela dianggap titik fokus dalam hal penempatan furnitur.

Dapur rumah mewah Scandinavian IPCW Residence karya Ivan Priatman Architect

Namun, jika tidak memungkinkan pemanfaatan cahaya alami atau Anda memang lebih suka menambahkan pencahayaan buatan, memiliki lampu gantung di dapur Anda adalah kemewahan tersendiri. Ada begitu banyak jenis lampu gantung yang tersedia sesuai dengan gaya dapur Anda.

Tata cahaya pada dapur mewah klasik Scandinavian

Tata cahaya pada dapur mewah klasik Scandinavian

Atau Anda ingin desain lampu yang lebih sculptural dan unik? Cobalah ide berikut!

Dapur cantik mewah House At Martadinata karya Interval

4. Pilihlah lantai yang terang & praktis

Untuk dapur rumah mewah Scandinavian, lantai kayu adalah suatu keharusan! Selain jauh lebih praktis, lantai kayu juga merupakan komponen kunci dalam dapur bergaya Scandinavian. Namun, bukan berarti aturan ini membatasi penggunaan material lain.

Dapur rumah mewah Scandinavian

Pilihan bagus lainnya adalah ubin keramik atau batu ubin dengan desain simple dan berwarna terang, dan keduanya merupakan pilihan yang bersih dan praktis, seperti pada dapur rumah mewah Apartment Residence 8 Senopati karya Yasinta Tri Wasiati berikut.

Ubin keramik pada dapur rumah mewah Apartment Residence 8 Senopati karya Yasinta Tri Wasiati

5. ‘Mix and match’ material alami

Sesuai dengan prinsip desain Scandinavian yang mengutamakan kedekatan dengan alam, gunakan material kayu secara maksimal dan jangan takut untuk mengeksposnya. Tambahkan kayu pada lantai, furnitur, dinding bahkan langit-langit untuk menambahkan tekstur dan kehangatan. Gunakan cat putih atau abu-abu terang untuk menonjolkan warna alami kayu.

Material kayu pada dapur Splow House karya Delution Architect

Material kayu pada dapur Splow House karya Delution Architect

Meja makan di dapur rumah mewah KBP House karya Erwin Kusuma berikut ini menggunakan material potongan kayu alami yang mempertahankan bentuk aslinya sehingga menonjolkan gaya rustic.

Desain dapur sederhana dari kayu KBP House karya Erwin Kusuma

6. Ikuti prinsip ‘form follows function’

Prinsipnya adalah bahwa bentuk objek harus didasarkan pada fungsi atau tujuannya. Dari segi furnitur, adalah garis bersih dan simplicity, tidak ada ornamen dan bentuk yang berlebihan, dengan desain inovatif dan fungsional.

Dapur cantik mewah Scandinavian Paul Home by Inspace Studio

Prinsip ini berarti modern adalah efisien. Bentuk indah hanya jika ada fungsi yang berguna, bukan sekadar hiasan. Segala tambahan atau ornamen yang tidak memiliki fungsi sebaiknya dipangkas. Detail rumit dianggap haram. Lurus, polos, dingin.

Desain dapur rumah mewah Green Garden House karya Studio Denny Setiawan

Desain dapur cantik mewah Scandinavian Minimal Kitchen karya JR Design

7. Pertimbangkan ‘Smart Storage Solution’

Desain rumah mewah Scandinavian berbicara mengenai kebutuhan akan ruang yang cerdas melalui penyimpanan praktis (smart storage) dan daya tarik visual.

Solusi smart storage pada dapur rumah mewah Residential Pantry 1 karya Leicht Kitchen

Solusi smart storage pada dapur rumah mewah Residential Pantry 1 karya Leicht Kitchen

Solusi smart storage pada dapur rumah mewah Residential Pantry 1 karya Leicht Kitchen

Selain itu, tren rak dinding bertingkat terbuka dan berukuran besar juga menjadi karakteristik utama desain ini. Entah di dapur atau ruang tamu, rak terbuka dapat memamerkan lebih banyak lagi gaya Anda. Namun, Anda tetap harus menatanya dengan indah. Rak tidak hanya digunakan untuk memajang buku, tetapi juga beberapa karya seni, aksesoris, dan peralatan dapur.

Rak terbuka pada dapur cantik mewah

8. Tambahkan sedikit sentuhan warna

Bahkan aksen terkecil bisa mengubah tampilan keseluruhan desain. Dengan dapur rumah mewah gaya Scandinavian, Anda ingin menambahkan beberapa warna cerah pada nuansa serba putih.

Desain dapur cantik mewah Scandinavian Tsang Residence karya TAU Architect

Desain dapur cantik mewah Scandinavian Tsang Residence karya TAU Architect

Tempatkan secara strategis berbagai pilihan objek atau bahkan bunga dan tanaman untuk menambahkan sedikit warna tanpa berlebihan.

Unsur vegetasi dalam dapur rumah mewah Scandinavian Arden Hills karya Crush Collective designer

Demikianlah ulasan artikel mengenai Desain Dapur Scandinavian untuk Rumah Mewah. Semoga dengan adanya tulisan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda mengenai cara mendesain dapur dengan konsep Scandinavian.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Desain Dapur Scandinavian untuk Rumah Mewah "

Posting Komentar