Tips Merancang Hunian Sekaligus Tempat Kerja

Tips Merancang Hunian Sekaligus Tempat Kerja
Hunian Sekaligus Tempat Kerja

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaiman merancang hunian sekaligus tempat kerja. Mungkin diantara sobat ada yang sudah tahu bagaimana merancang sebuah hunian sekaligus tempat kerja. Bagi sobat yang masih bingung bagaimana tips merancang hunian sekaligus tempat kerja, sobat bisa menyimak penjelasan di bawah ini untuk memahami lebih lanjut.

Untuk menjadi seorang pengusaha sukses, seseorang harus dapat menerapkan beberapa hal esensial, seperti kebiasaan disiplin, kepercayaan diri, ambisius serta fleksibilitas. Namun selain empat hal tersebut, Anda juga harus berada di lingkungan yang mendukung. Lingkungan tempat mengembangkan bisnis akan menjadi faktor utama yang dapat mendorong kesuksesan.

Sebagian pengusaha memulai karirnya dengan berbisnis di rumah. Selain hemat biaya, Anda juga tidak kesulitan mengurus keluarga dan anak-anak.

Nah jika Anda hendak memulai bisnis di dalam sebuah hunian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Baik rumah yang hanya dijadikan area kantor, atau bahkan rumah yang difungsikan pula sebagai kantor dan toko/kios.

1. Ruang

Menurut beberapa ahli, untuk membuat tempat kerja di lingkungan tempat tinggal Anda harus membuat sebuah ruang terpisah yang khusus digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Hal ini sangat penting karena berpengaruh langsung terhadap faktor psikologis dan finansial.
  • Dari sudut pandang psikologis, memiliki ruang kerja yang eksklusif dapat menciptakan batasan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.
  • Sementara itu dari kacamata finansial, memiliki ruang yang digunakan khusus untuk bekerja memudahkan Anda untuk memperhitungan biaya pengeluaran kantor selain dari pengeluaran rumah harian (misalnya biaya listrik, telepon, internet dan lain sebagainya).
Jika Anda tidak memiliki area kosong dan terpaksa bekerja di meja makan atau sofa, Anda akan merasa sulit fokus dan mudah stres meskipun berada di tengah anggota keluarga.

2. Damai dan Tenang

Tinggal di lingkungan perumahan, artinya Anda harus siap dengan suara bising yang mungkin muncul di sekitar ruang kerja Anda.

Tidak hanya suara riuh yang hadir dari kegiatan memasak, menonton televisi dan mengobrol antar keluarga, namun juga bisa datang dari tetangga yang sedang melakukan pesta atau suara pembangunan proyek di dekat rumah.

Jika Anda adalah orang yang bisa mengalihkan suara bising dengan mendengarkan musik lewat headset mungkin ini bukan masalah yang besar.

Tapi ada juga beberapa orang yang tidak bisa bekerja secara fokus tanpa kehadiran suasana tenang dan damai, lho!

3. Gangguan dari anggota keluarga

Tinggal di sebuah keluarga, Anda harus terbiasa dengan jadwal aktivitas masing-masing anggota keluarga. Selain suami atau istri, anak-anak juga dapat menjadi pengganggu aktivitas kerja paling besar. 

Dengan bekerja di rumah, Anda bertanggung jawab untuk mengasuh mereka sebagai orang tua. Namun jika mereka sudah bersekolah, Anda jadi memiliki waktu ekstra untuk bekerja tanpa gangguan sekitar kurang lebih 5 jam.

Lagi-lagi, Anda harus dapat menyesuaikan kegiatan bekerja sesuai jam operasional yang tetap, sehingga Anda bisa lebih fokus mengembangkan bisnis dengan maksimal.

4. Ketergantungan

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, mengembangkan bisnis di tengah kondisi keuangan yang belum stabil artinya juga menempatkan resiko keuangan keluarga.

Dengan begitu, bekerja di rumah artinya Anda harus lebih fokus menghasikan pemasukan aktif tanpa menguras isi tabungan dan simpanan hari tua.

Kesimpulan

Karakteristik pribadi dan kondisi kehidupan Anda adalah faktor utama yang mempengaruhi kesuksesan Anda sebagai pengusaha.

Sebelum mengembangkan bisnis di rumah yang dapat beresiko terhadap keuangan dan karir Anda, pastikan kepribadian dan kondisi rumah Anda turut mendukung.

Demikianlah artikel mengenai Tips Merancang Hunian Sekaligus Tempat Kerja. Semoga dengan adanya tulisan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat mengenai bagaimana merancang hunian sekaligus tempat kerja.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Merancang Hunian Sekaligus Tempat Kerja"

Posting Komentar