DENAH RENCANA PELETAKAN KUSEN DAN DETAIL KUSEN

Denah rencana peletakan kusen. Sebelum memahami lebih jelas tentang denah rencana peletakan kusen terlebih dahulu kita pahami pengertian denahnya terlebih dahulu. Karena ketika kita ingin membangun sebuah bangunan yang harus ada terlebih dahulu denahnya, ketika sudah ada denah baru bisa melanjutkan pembangunan ketahap berikutnya.

Denah merupakan hal yang sangat penting pada suatu bangunan agar bangunan dapat berdiri dengan kokoh dan kuat, sehingga dapat menahan semua beban yang dialirkan ke pondasi.
Selain pondasi hal yang tak kalah penting pada suatu bangunan adalah menaruh bukaan(jendela) pada dinding bangunan agar udara dapat keluar masuk kedalam suatu bangunan, sehinggga udara yang ada dalam bangunan terjaga agar selalu bersih.

Namun sebelum menaruh bukaan(jendela) pada suatu bangunan kita harus terlebih dahulu meninjau beberapa aspek seperti matahari, keadaan lingkungan disekitar bangunan, bangunan orang lain dsb. Misalnya :

  • Tidak menaruh bukaan pada arah yang menghadap matahari sore, sehingga panas dapat langsung masuk ke dalam bangunan, lebih bagusnya diletakkan pada arah yang menghadap matahari pagi. Namun kalau tidak ada tempat lain terpaksa kita harus menaruhnya disitu.
  • Tidak manaruh bukaan pada arah yang menghadap tempat yang berbau misalnya tempat sampah sehingga baunya tidak masuk kedalam ruangan.
  • Selain itu kita harus melihat apakah ada bangunan orang lain yang dindingnya bersebelahan dengan dinding bangunan kita, jika ada jangan menaruh bukan pada bagian tersebut.
Jika hal-hal tersebut kita tinjau baru bisa kita merencanakan peletakan kusen(bukaan) pada bangunan. Sehingga nantinya bangunan yang ingin kita bangun dapat berfungsi optimal, sehingga pengguna bangunannya nanti mendapat kenyamanan.

Berikut contoh denah rencana peletakan kusen pada bangunan :

Denah rencan peletakan kusen


Denah rencana peletakan kusen


Denah rencana peletakan kusen



Jika kita sudah meletakkan dimana posisi kusennya, hal selanjutnya adalah memilih jenis kusen serta ukuran yang sesuai denagan keinginan kita atau sesuai dengan bangunan yang kita bangun.
Berikut beberapa jenis kusen yang biasa dipakai pada bangunan sederhana :



Detail kusen jendela


Detail kusen pintu


Detail dan potongan kusen jendela



Detail dan potongan kusen jendela


Detail kusen 



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "DENAH RENCANA PELETAKAN KUSEN DAN DETAIL KUSEN"

Posting Komentar