DENAH RENCANA PELETAKAN KUDA-KUDA DAN RENCANA ATAP

Kontrusi atap adalah bagian paling atas pada suatu bangunan yang berfungsi sebagai penahan beban penutup atap serta melindungi suatu bangunan yang ada di bawahnya maupun isi yang ada di dalam bangunan tersebut, baik penghuni bangunan maupun benda-benda yang ada di dalamnya. 



Rangka Atap

Rangka atap adalah struktur bangunan yang posisinya berada di atas bangunan yang berdiri, rangka memiliki beberapa struktur diantaranya ialah kuda-kuda. Rangka atap berdiri tepat diatas ring balok yang memungkinkan penyaluran tekanan langsung ke struktur bangunan, lain yang berada dibawahnya.

Kontruksi utama atap bangunan terdiri atas beberapa elemen sebagai berikut.

  1. Kuda-kuda adalah penompang yang menyalurkan gaya tekanan dari atap, sedangkan balok dasar pada kuda-kuda berfungsi sebagai penahan dasar gaya tarik, serta tiang tengah dari kuda-kuda untuk mendukung balok bubungan dan menerima gaya tekan.
  2. Gording adalah penyangga kasau(usuk) yang terletak pada kaki kuda-kuda sebagai penompang, dibutuhkan jika jarak antara bantalan dan bubungan >2 m.
  3. Kasau/usuk merupakan balok melintang yang berada di atas balok dinding (bantalan), gording, dan bubungan yang berfungsi sebagai penyangga reng.
  4. Reng merupakan bilah yang melintang di atas kasau yang berfungsi sebagai tempat menempatkan posisi genteng(bahan atap), sedangkan ring balok diletakkan di bagian puncak dinding yang berfungsi sebagai pendukung balok kuda-kuda.
  5. Listplank adalah papan tegak yang di pasang pada ujung bawah kasau sebagai pengikat ujung kasau, listplank harus dilindungi terhadap cucuran air hujan dan terhadap panas matahari agar tidak cepat lapuk.




Detail Kuda-kuda


Jenis kuda-kuda dari segi bahannya terbagi dua :
  • Kuda-kuda kayu
    Kuda-kuda kayu

  • Kuda-kuda baja
    Kuda-kuda Baja


Denah rencana peletakan kuda-kuda adalah perencanaan yang dibuat untuk meletakkan kuda-kuda pada suatu bangunan agar terbentuk atapnya, sehingga bangunan dapat diberi penutup atap agar bangunan tersebut dapat terlindungi dari panas dan hujan.

Berikut beberapa contoh denah peletakan kuda-kuda/rancana atap pada suatu bangunan :



Denah Rencan Atap


Denah rencana rangka atap


Denah rencana peletakan kuda-kuda


Denah rencana peletakan kuda-kuda




Denah rencana atap








Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "DENAH RENCANA PELETAKAN KUDA-KUDA DAN RENCANA ATAP "

Posting Komentar