Pengertian Fasad Bangunan

http://jurnalarsitek.blogspot.co.id/2017/03/pengertian-fasad-bangunan.html
Fasad Bangunan

Secara etimologis, kata fasad atau facade (bahasa Inggris) memiliki akar kata yang cukup panjang. Fasad berasal dari bahasa prancis, yaitu facade atau faccia. facciata sendiri berasal dari bahasa italia, sedangkaan faccia dalam bahasa latin yang diambil dari kata faccies dan pada perkembangannya menjadi face dalam bahasa Inggris.

Kata fasad sendiri menjadi salah satu kata serapan yang memperkaya perbendaharaan bahasa Indonesia. Selain itu, fasad sendiri memiliki esensi yang sangat mendalam. Fasad adalah alat perekam sejarah peradaban manusia dengan mencermati desain fasad dari waktu ke waktu, dapat dipelajari kondisi sosial budaya, kehidupan spiritual, bahkan keadaan ekonomi dan politik yang berlaku pada saat itu.

Dalam arsitektur, fasad bangunan dianggap sebagai suatu hal yang paling penting dari sudut pandang desain, karena ia memberikan suasana bagi bagian-bagian bangunan lainnya. Fasad dapat diartikan sebagai sisi luar (eksterior) sebuah bangunan, umumnya yang dimaksud adalah bagian depan bangunan, tetapi kadang-kadang juga bagian samping dan belakang bangunan. 

Fasad adalah istilah arsitektur yang berarti tampak depan bangunan yang umumnya menghadap ke arah jalan lingkungan. Fasad itu sendiri mencerminkan citra dan ekspresi dari seluruh bagian bangunan, bahkan bisa menjadi jiwa bangunan.

Fasade sebagai bagian terluar dari arsitektur bangunan, tampak eksterior akan menjadi bagian terdahulu yang paling kritis serta rentan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim dan cepat.

Ancaman terbesar yang dihadapi oleh bangunan yang berada di iklim tropis adalah sebagai berikut :
  1. Panas matahari yang bersinar sepanjang tahun.
  2. Kelembaban udara yang tinggi.
  3. Terpaan air hujan.
Ketiga hal tersebut bakal mengakibatkan kerusakan pada bangunan, seperti fasad berlumut, bangunan yang retak-retak kecil pada dinding, dan warna bangunan menjadi mudah pudar baik pada dinding, cat, maupun kusen-kusennya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Fasad Bangunan"

Posting Komentar